.quickedit{ display:none; }

Senin, 03 Agustus 2015

Martabak Manis Keju - Susu #Part 1

Resep ini sudah lama saya bookmark tapi belom pernah saya coba untuk eksekusi, penasaran sih kek apa rasanya makan martabak manis buatan sendiri heheheh...coba bikin martabak ini bukan mau nyaingin martabak terang bulan atau yang disini terkenal dengan sebutan kue bandung loh >,< tapi kalau enak kenapa nggak?!? Lohhh!!! *labil* behahaha!

Lihat resep ini nggak sengaja, tadinya lagi cari resep cupcake yang dari dulu pengen bikin tapi gak pernah dibikin  :D kemudian searching resepnya, dan akhirnya nyungsep di blognya Mama Aisyah. Dari yang tadinya mau catet resep cupcake malah jadi catet resep martabak manis teflon *salahfokus* wkwkwkwk...yah paling nggak kalau mau bikin cupcake udah tau deh nanti mlipirnya kemana ^___^

Sebenarnya adonan yang saya buat ini saya inapkan semalam gegara kita (bertiga) pengen makan Udang gorengnya Pak Heksa yang maknyus ituh, yang tadinya mau bikin martabak ini buat snack sambil nonton serial Castle kesukaannya Hubby jadi gatot padahal udah bikin adonannya tinggal nambahin soda kuenya doang. Daripada nggak kemakan akhirnya adonan martabaknya saya masukkan kulkas untuk dieksekusi besok pagi.

Nah baru pagi ini kesampaian eksekusi, kenapa judulnya saya beri tambahan Part 1 karena hasil martabak ini belum mirip dengan martabak (Kue Bandung) abang-abang yang biasa saya beli, Rasa martabak ini sudah enak, hanya saja (menurut saya) kurang kenyal. Ini jadi PR buat saya gimana caranya supaya adonan martabaknya bisa kenyal seperti yang biasa dapet beli :)

Sama dengan Mama Aisyah, saya juga menggunakan teflon untuk membuat martabak ini, diameter teflonnyanya sama kurleb 18cm, dari resep yang dicantumkan saya hanya membuat 1/2resep saja jadinya 1 loyang martabak manis, kulit martabaknya setelah jadi tebal sekalii, karena kami suka martabak yang kulitnya tipis maka lain kali 1/2 resep ini bisa jadi 2 loyang martabak. Buat yang suka kulitnya tebal maka takaran adonan ini sudah sangat pas sekali ^___*

Pasti mikir cara bikin martabaknya ribet kan? percaya deh bikin homemade martabak manis ini nggak seribet yang dibayangkan, jadiiii ayooo bikinn!

Kemon mlipir :)

.: Martabak Keju - Susu #Part 1:.
source : Mama Aisyah modified by : yurike sasaki


Adonan untuk 1buah loyang uk. 18cm

Bahan-bahan :
125gr tepung terigu serbaguna
1/2sdt baking powder
1/4sdt garam
1/4sdt vanili bubuk

Campur semua bahan kering diatas, ayak supaya tercampur rata.

40gr gula pasir
175ml susu cair
1 butir telur utuh
1/4sdt soda kue

Bahan Olesan & Taburan: 
Margarin, secukupnya
Keju cheddar, secukupnya,  parut memanjang
Susu kental manis, secukupnya
1sdm gula pasir (optional, sesuai selera)

Cara membuat :
Dalam wadah yang berisi bahan kering, masukkan gula pasir, aduk rata, buat lubang di tengah.
Kocok telur, tuang kedalam susu cair, aduk hingga rata dengan garpu, tuang cairan telur dan susu ke tengah adonan tepung, aduk rata dengan whisk, jangan overmix aduk saja hingga rata.
Diamkan adonan, tutup dengan serbet kurleb 30 menit.


Masukkan soda kue, campur rata. panaskan teflon dengan api sedang hingga panas kurleb 5 menit. Setelahnya kecilkan ke api yang paling kecil tutup teflon agar panasnya merata dan stabil.

Tuang adonan, besarkan api (sedikit lebih besar dari api terkecil) ratakan adonan ke sekeliling dinding teflon dengan menggunakan sendok sayur, tunggu hingga muncul gelembung-gelembung keluar banyak dan pinggiran adonan mulai mengering, taburkan gula pasir, tutup kembali teflon, kecilkan api hingga adonan matang.

Setelah permukaan kering (tidak lengket) dan pinggiran martabak berwarna kuning kecoklatan segera angkat dan olesi permukaan dalamnya dengan margarin, taburkan keju cheddar parut dan susu kental manis, lipat martabak, olesi kedua bagian permukaan kulit luarnya dengan margarin.


Potong-potong, martabak manis lebih enak dinikmati selagi hangat ^___^



This is it!!! Martabak Keju - Susu  ^^

Enjoy!



1 komentar: